Kamis, 06 Agustus 2009

KISTA BARTOLINI


Pengertian kelenjar : kelenjar dapat diibaratkan serupa dengan botol yang terbuat dari karet yang tidak memiliki penutup.Bagian dalamnya diibaratkan serupa dengan bagian dalam buah ketimun yang penuh dengan biji.Kalau keduanya digabungkan maka kelenjar itu seperti buah ketimun yang terbuat dari karet tetapi pada pangkalnya memiliki saluran untuk mengeluarkan cairan yang dihasilkannya.


Pada kira kira sepertiga bagian bawah vagina,dibalik bibir kemaluan,disebelah kiri dan kanan,terdapat suatu kelenjar yang namanya kelenjar Bartolini (Bartholini`s glands).Kelenjar ini fungsinya menghasilkan cairan untuk membasahi vagina terutama pada waktu bersanggama.


Apabila kelenjar ini terinfeksi (salah satu atau kedua duanya),salurannya dapat tersumbat karena melengket akibatnya cairan yang dihasilkan oleh kelenjar tersebut akan menumpuk didalam rongganya. Sedikit sedikit menjadi bukit,berlaku juga pada kelenjar ini. Kelenjar menjadi besar,dan teraba menonjol sebagai kista (cyst).


Pengertian tumor dan kista :Tumor (lihat Miom) terbagi menjadi 3 jenis,yaitu :

1. Tumor padat (solid) misalnya miom.

2.Tumor kistik (berisi cairan) misalnya kista Bartolini.

3.Tumor campur (mixed tumor) memiliki isi sebagian padat dan cair.


Kista Bartolini merupakan tumor kistik jinak. Ditimbulkan akibat saluran kista Bartolini yang mengalami sumbatan. Sumbatan biasanya disebabkan oleh infeksi.Kuman yang sering menginfeksi kelenjar Bartolini adalah Neisseria gonorrhoeae.


Pada laki laki kuman ini menyebabkan penyakit kelamin yang disebut kencing nanah atau gonore,tidak sama dengan sipilis.


Perjalanannya.Karena kelenjar terus menerus menghasilkan cairan,maka lama kelamaan sejalan dengan membesarnya kista,tekanan didalam kista semakin besar.Dinding kelenjar/kista mengalami peregangan dan meradang.Demikian juga akibat peregangan pada dinding kista,pembuluh darah pada dinding kista terjepit mengakibatkan bagian yang lebih dalam tidak mendapatkan pasokan darah sehingga jaringan menjadi mati (nekrotik).Dibumbui dengan kuman,maka terjadilah proses pembusukan,bernanah dan menimbulkan rasa sakit.


Karena letaknya di vagina bagian luar,kista akan terjepit terutama saat duduk dan berdiri menimbulkan rasa nyeri yang terkadang disertai dengan demam. Pasien berjalan mengegang ibarat menjepit bisul diselangkangan.


Apa yang harus dilakukan?

Bila mendapatkan adanya benjolan didaerah ini,segera konsulkan dengan dokter ahli kandungan.

Tindakan yang akan dilakukan adalah mengeluarkan isi kista dengan cara yang disebut marsupialisasi,kista diiris permukaannya,isinya dikeluarka,dibersihkan bagian dalamnya kemudian tepi tepinya diobras sehingga ketika sembuh akan membentuk saluran kista baru.


Isi kista jangan di aspirasi (disedot) supaya kempes,karena saluran kista akan tetap tersumbat dan bekas luka jarum juga akan segera menutup akibatnya kista dapat kambuh kembali. Percayakan kepada dokter spesialis kandungan anda untuk melakukan hal ini (marsupialisasi),dia akan memberikan yang terbaik buat pasiennya.


Biasanya isi kista akan dikultur di laboratorium untuk mengetahui jenis kumannya dan antibiotik yang sensitif terhadap kuman tersebut.


Atas dasar suatu pemahaman yang baik, diharapkan kaum perempuan cerdas membuat/melakukan suatu keputusan yang cerdas pula.


Salam.(timPP)

Tidak ada komentar: