Sabtu, 08 Agustus 2009

KONDILOMA

Disebut juga penyakit jengger ayam,disebut demikian karena fisiknya mirip jengger ayam.Bila dikeletek akan terlepas butiran kecil seperti biji sawi dan berdarah.Tampilan sebenarnya adalah mirip dengan kembang kol,namun kembang kol tidak berdarah bila dikletek seperti jengger ayam.

(gambar kondiloma:seperti kembang kol,di lokasi lain juga seperti ini)

Kondiloma,berasal dari bahasa aslinya condyloma acuminata,apabila mengenai alat genital disebut veneral warts atau genital warts,mengenai anus disebut anal warts bila mengenai keduanya disebut anogenital warts.

Penyakit ini tergolong kedalam "Penyakit Menular Seksual (PMS)" dalam istilah asing STD(Sexually Transmited Diseases).
Kondiloma timbul pada kulit dan lapisan mukosa (lapisan mukosa contohnya lapisan rongga mulut),terutama pada alat kelamin baik laki laki ataupun perempuan.

Penyebab dari timbulnya penyakit ini adalah virus. Virus HPV (Human papilloma virus) strain 6,11,30,42,43,44,45,51,52 dan 54.

Kemunculan kondiloma selain di alat kelamin adalah di mukosa mulut dan tenggorokan bayi yang tertular dari ibunya sewaktu melahirkan.

Pada orang dewasa penularan ke mulut ditularkan melalui seks oral.
Penyakit ini tidak mengancam nyawa tetapi cukup menggangu penderitanya.

Penularan kondiloma terjadi melalui kontak kulit ke kulit,terutama pada saat melakukan hubungan seksual.

Sekitar 70% yang berhubungan seksual dengan pembawa kondilom akan tertulari.Masa inkubasi kondiloma dari kontak sampai muncul umumnya antara 3 bulan sampai 20 bulan.

Menurut beberapa penelitian,sampai saat ini kondilom belum bisa disembuhkan (baru bisa dicegah dan dihilangkan gejalanya).Bila sudah terinfeksi tubuh pun tidak menjadi kebal (imun).
Pengobatan penyakit ini ada berbagai cara diantaranya dengan :
1.Podophylin : cairan ini diteteskan pada bagian lesi kondiloma 2 sampai tiga hari dalam sehari.Obat ini hanya untuk lesi di bagian kulit saja jangan digunakan di bagian mukosa karena akan menimbulkan luka bakar yang lebih luas.
2.Podophylex sediaannya berupa gel,biasa digunakan untuk lesi pada kulit ataupun pada mukosa.
3.Apabila dengan kedua cara pengobatan topikal seperti diatas tidak berhasil,pengangkatan lesi dengan pembedahan (surgical removal) perlu dipertimbangkan.
4.Cryosurgery atau bedah beku dapat juga dilakukan untuk mengangkat lesi kondiloma.
5.Selain yang tersebut diatas kerap kali Laser digunakan untuk menanggulangin lesi kondiloma ini.
6.Interferon,sediaannya berupa gel dan larutan untuk injeksi.Pengobatan dengan interferon dapa menimbulkan kekebalan terhadap HPV. Tetapi menurut penelitian nya hanya dengan cara pemberian injeksi yang dapat memberikan kekebalan terhadap tubuh.
Imunisasi.
Seperti yang telah dibahas pada kanker leher rahim,terhadap virus HPV dapat dilakukan imunisasi. Imunisasi yang dilakukan untuk pencegahan kanker leher rahim,sekaligus juga akan melindungi terhadap penyakit kondiloma ini.Imunisasi ini lebih ditujukan pada anak anak dan remaja usia 9 - 26 tahun lebih utama pada yang belum melakukan hubungan seksual.
Cara menghindari kondiloma:
1.Batasi jumlah pasangan seksual.
2.Bila pasangan lebih dari satu ,selalu gunakan kondom.
3.Cuci alat kelamin setelah berhubungan seksual.
4.Bila mengetahui terinfeksi,konsultasikan dengan dokter dan hindari berhubungan seksual selama pengobatan.
5.Imunisasi anak anak usia sembilan tahun ke atas.









1 komentar:

Arjunane Denature mengatakan...

Excel·lent informació i els fets. L'única veritable dificultat , bàsicament, que estava rebent era veure les fotos. Ni idea de exactament per què Cara Mudah mengobati kutil kelamin (kondiloma) instan