Senin, 10 Agustus 2009

MENSTRUASI

Menstruasi (haid,datang bulan) adalah keluarnya darah yang berasal dari rongga rahim , tidak ada kehamilan,bukan disebabkan oleh suatau kelainan atau gangguan organik , keluarnya darah tersebut mengikuti siklus bulanan. Darah mengalir melalui vagina.

Umumnya satu siklus menstruasi adalah 28 hari.
Lamanya menstruasi 3 - 5 hari . 2 - 7 hari masih dianggap normal.
Banyaknya darah yang dikeluarkan pada saat menstruasi sekitar 35 cc. 20 cc sampai 80cc masih dianggap normal.
Darah menstruasi tidak membentuk bekuan.

Darah menstruasi mengandung sisa sisa endometrium (lapisan terluar rahim) dan enzim yang disebut plasmin.Plasmin adalah suatu enzim proteolitik yang bersifat anti pembekuan darah ,sehingga darah menstruasi tidak membeku.

Apabila didapatkan darah menstruasi membentuk bekuan,perlu diwaspadai bahwa jumlah darah yang keluar melebihi batas yang normal,yang berarti jumlah darah lebih besar aripada jumlah plasminnya.

Pada saat menstruasi,otot rahim melakukan kontraksi untuk membantu membersihkan isi rongganya.Oleh karena itu,kerap pada saat menstruasi dirasakan sakit perut.
Nyeri yang dirasakan pada saat menstruasi disebut dismenore.

Rasa nyeri pada saat menstruasi biasanya masih dapat ditolerir oleh sebagian besar kaum perempuan.Tetapi,apabila dianggap perlu, bisa diringankan dengan menggunakan obat penahan rasa nyeri /analgesik seperti antalgin,parasetamol, atau asam mefenamat.

Kadang kala rasa nyeri pada saat menstruasi ini sangat berlebihan.Apabila hal ini terjadi,perlu diantisipasi adanya hal hal yang lain yang menyebabkan rasa nyeri itu misalnya endometriosis (akan dibahas tersendiri).

Keluhan keluhan lain pada s menstruasi selain dismenore adalah dan polimenore dan perdarahan uterus disfungsional.

Polimenore adalah datangnya haid yang lebih dari satu kali dalam sebulan. Jumlah darah bisa seperti haid biasa atau hanya sekedar spoting (sedikit mengotori pakaian dalam),biasanya hal ini disebabkan oleh ketidak seimbangan hormonal seperti pada pengguna pemula kontrsepsi hormonal (pil KB,suntik KB dan implant/susuk KB) atau sedang mengalami stress fisik maupun non fisik.

Perdarahan uterus disfungsional adalah keluarnya darah menstruasi yang cukup banyak istilah medisnya adalah menorhagia.
Karena banyaknya darah yang keluar,selain mengganggu aktifitas sehari hari,juga timbul keluhan keluhan lain seperti lemas,pucat dan mata berkunang kunang bila berdiri sampai keluhan pingsan. Keluhan keluhan ini disebabkan oleh kekurangan darah yang disebut anemia.Sering seorang perempuan perlu dirawat di rumah sakit akibat hal ini terkadang sampai memerlukan transfusi darah..

Penyebab dar perdarahan uterus disfungsional (disfunctional uterine bleeding/DUB) adalah ketidakseimbangan hormonal (hormonal imbalances),Perdarahah ini sering dialami oleh kaum perempuan menjelang saat saat menopause.

Pengobatannya adalah berupa penyeimbangan hormon. Tetapi apabila dialami oleh perempuan pada usia usia 40 tahunan,dan perdarahannya cukup parah,mungkin perlu dipertimbangkan untuk dilakukan histerektomi (pengangkatan rahim).

"Konsultasikan dengan dokter ahli kebidanan & penyakit kandungan bila ada keluhan pada waktu menstruasi".

Tiga organ penting yang berperan dalam menstruasi adalah : rahim,indung telur dan kelenjar hipopisis.

Istilah istilah dalam menstruasi.
Menarki (menarche) adalah menstruasi yang dialami pertama kalinya oleh seorang perempuan.
Amenore adalah tidak datangnya haid.(tscbc)

Tidak ada komentar: