Kamis, 06 Agustus 2009

PAP~s smear




PAP~s smear adalah pemeriksaan sel/sitologi yang sampelnya diambil dari mulut rahim,murah, sederhana dan tidak sakit.Leher rahim adalah bagian rahim yang menjorok kedalam vagina panjangnya antara 1,5 sampai 2 cm. Bagian yang menjorok kedalam vagina mirip dengan sebuah sosis. Kelupaskan pelastiknya,plastik tersebut analog dengan lapisan/bagian terluar dari leher rahim.Dari sinilah awal mula suatu kanker leher rahim akan bermula.

Sel sel/sampel untuk pemeriksaan Pap`s smear diambil dari lapisan terluar ini,dari pemeriksaannya akan diketahui aktifitas sel sel pada lapisan tersebut,apakah NORMAL,MENCURIGAKAN atau sudah timbul gejala PRAKANKER.

Senang rasanya bila seorang perempuan mendapatkan hasil Pap`s smear yang Normal,dan bila ditemukan hasil yang abnormal HARAPAN BESAR menanti karena kanker baru sampai tahap PRAKANKER yang tentunya pengobatannya lebih menjanjikan,ketimbang bila sudah terdiagnosa menderita kanker rahim.

Pap`s smear pemeriksaannya sederhana,tidak sakit dan murah.
Dapat dimintakan di Rumah Sakit atau praktek dokter spesialis kebidanan&penyakit kandungan.
Keterangan gambar.
Gambar 1.
Sel sel yang diambil dari bagian terluar mulut rahim kemudian dijadikan slide untuk diperiksa oleh ahli patologi anatomi.
Gambar 2.
Sel sel diambil dari permukaan terluar mulut rahim diambil dengan cara seperti ini.
Menggunakan sendok yang dirancang khusus (spatula Ayer) atau menggunakan sikat halus yang juga dirancang khusus.
(timPP).

1 komentar:

Arjunane Denature mengatakan...

Mantep artikelnya gan buat ijin comot buat referensi blog ane yak he he he Cara Mudah mengobati kutil kelamin (kondiloma) instan